Langkah Pertama

Baiklah, setelah merasakan sedikit penasaran (+ bingung) tentang apa itu Arduino, maka inilah langkah awal yang perlu dilakukan untuk dapat mempelajarinya, yaitu:

--> Dapatkan hardware dan softwarenya!

Hardware Arduino bisa ditemukan di: http://www.arduino.cc/en/Main/Hardware
Sedangkan softwarenya bisa ditemukan di: http://arduino.cc/en/Main/Software. Downloadlah versi yang terbaru, yaitu Arduino 0018.

Untuk hardware, banyak sekali jenisnya, dari yang paling baru, dengan nama Duemilanove, hingga yang paling lama, yang dinamai Serial. Saran saya, apabila Anda ingin membuat sendiri, maka buatlah rangkaian Serial, karena paling mudah dibuat. Sedangkan untuk rangkaian yang lain, lebih baik membelinya, selain tidak membuang waktu dan tenaga, juga harganya yang sangat murah (saat saya membeli, harganya hanya 254 ribu, promosi nih). Info dari google, Anda bisa mendapatkan rangkaian Arduino Duemilanove ini di salah satu agen Arduino di Indonesia, yaitu di: http://www.indorobotika.com.
Untuk tutorial dan informasi yang lebih bagus dan berbahasa Indonesia, bisa Anda lihat di alamat berikut ini:
sedangkan homepage resminya adalah di: http://www.arduino.cc/
dan beberapa situs tutorial Arduino yang populer, di antaranya:
Juga ada forum diskusi Arduino Indonesia di Facebook: Arduino Indonesia

1 komentar:

  1. terima kasih atas referensinya. tolong juga yah masukan http://www.cybronyx.com untuk toko online arduino uno, nano, raspberry pi terlengkap. thanks :)

    BalasHapus